Memperbaiki sendiri jahitan timbul pada Mesin jahit

Jahitan timbul, ngendog, kendor
sumber gambar : dewanstudio.com

Jahitan timbul atau biasa juga di sebut ngendog, kendor merupakan permasalahan yang kerap terjadi di mesin jahit, umumnya terjadi karena besar tarikan benang atas dengan bennng bawah (sepul) tidak sama, bisa terlalu kenceng bisa juga terlalu enteng. akibatnya bisa membuat jahitan kita gampang lepas, tidak kuat yang ujung-ujungnya bikin banyak permakan & bikin kompal.

Sebagai seorang penjahit atau orang yang hobi jahit, alangkah lebih bagus jika kita bisa mengatasi jahitan timbul/ngendog kita sendiri, hitung-hitung hemat waktu dan biaya untuk reparasi mesin jahit.

Pertama yang harus kalian inget-inget ini

Jika Atas yang timbul, benang Bawah kencengin

Jika Bawah yang timbul, benang Atas kencengin

Apa yang dimaksud benang atas & benang bawah? benang atas adalah benang yang kita pasang di tiang benang yang kita masukin ke lubang jarum, cara mengatur/menyeteli kenceng entengnya benang atas? yaitu lewat tension benang, putar ke kiri untuk kendoin, putar ke kanan untuk ngencengin. Kalau benang bawah adalah benang yang ada di spull sekoci, cara mengatur/setel benang bawah yaitu lewat mur kecil yang ada si sekoci, kan ada 2 mur tuh di sekoci biasanya yang satu kecil satunya lebih besar, yang kita seteli yaitu mur yang lebih besar, putar ke kiri/kanan dengan obeng kecil/obeng tamiya untuk mengatur kenceng entengnya benang bawah.

tension benang mesin jahit
gambar tension benang

sekoci mesin jahit
gambar sekoci mesin jahit

Jika semisal jahitan bawahnya timbul nih, maka benang atasnya dikencengin/putar ke kanan tension benangnya, jika benang atas udah kenceng bahkan terlalu kenceng (benang mudah putus) tapi jahitan bawah masih saja ngendog, maka benang bawah/sepulnya yang di kendorin. Begitupun sebaliknya, jika benang spull bawah sudah terlalu kenceng (bikin benang mudah putus juga) tapi jahitan atas masih saja timbul, maka benang Atasnya yang harus di kendorin.

Intinya tarikan benang atas sama bawah sebisa mungkin sama/balance, jangan yang satu kenceng banget yang satu kendor banget, tebal/tipis apa yang kita jahit juga dapat berpengaruh, biasanya jahitan tebal setelan benang atasnya lebih kencang sedikit dari pada benang bawah.

Silahkan dicoba dahulu cara diatas, tapi jika masih timbul biasanya di tension/sekocinya terdapat kotoran (biasanya serat-serat benang yang nyangkut) yang menyebabkan setelan kita sudah pol kenceng nih mentok kanan, tapi masih saja tarikannya enteng karena tension yang harusnya menjepit rapat benang jadi bercelah karena ada kotoran tadi, dampaknya benangnya enteng teeus gamau di kencengin, cara mengatasinya dengan cara membersihkan celah antara tension benang, putar ke kiri tension benang sampai lepas lalu bersihkan kotoran-kotoran yang ada, begitu juga jika terjadi di sekoci, lepas dulu kedua mur yang ada di sekoci tadi lalu bersihkan kotoran-kotorannya.

Gimana? mudah bukan cara perbaiki jahitan timbul mesin jahit sendiri, kebetulan saya kerja di bidang ini jadi sedikit tahu menahu soal memperbaiki mesin jahit, jika ada saran atau menemukan kesalahan-kesalahan yang perlu diperbaiki silahkan tulis di kolom komentar maka akan segera saya edit, silahkan simpan alamat situs ini KorbanAdikKelas.my.id agar kalian mudah mengunjunginya lagi, selamat pagi/siang/malam terimakasih sudah berkunjung.

Post a Comment

0 Comments